BIMBEL EXTRA - BIMBINGAN BELAJAR SD - SMP - SMA - ALUMNI

10 Tips Sukses dalam Belajar

(tambahan dari tips sebelumnya)

10.  Belajar sekarang , dihafal sekarang
Untuk pelajaran yang terdapat rumus-rumus seperti matematika dan fisika, maka ketika kamu belajar, semua rumus itu langsung di hafal saat itu juga.  Ini membuat efesien waktu dalam belajar.

9.  Makan cemilan yang membantu kinerja otak
Coklat adalah makanan yang paling tepat buat cemilan teman belajar. Menurut penelitian coklat dapat mebantu mempercepat kinerja otak. terutama coklat hitam .  Dan jangan lupa, cokelat membuat kamu menjadi selalu heppi 💗

8. Cari moment belajar yang ekstrim
Apa maksudnya ini? Orang-orang sukses jika ditelisik lebih jauh menyimpan banyak cerita-cerita unik/ekstrim dengan metode belajarnya.  Misalnya ; belajar di kamar mandi biar seger otaknya, belajar sambil tidur diatas kelapa biar tidak ngantuk, belajar sambil denger musik rock, atau apalah alasannya. Temukanlah ide-ide yang membuat kamu nyaman dalam belajar.

7.  Memilih waktu yang tepat dalam belajar
Pastinya sudah informasi tentang waktu-waktu yang baik dalam belajar menurut para ahli.   Teknisnya adalah : jam 4 - 5 pagi bagusnya kamu menghafal pejaran yang banyak teori.  Jam 7 - 11 belajarlah sepuas puasnya karena otak lagi maksimal.  Jam 1 - 3 siang diusahakan dengan sangat untuk beristirahat, dan jam 16.00 - 20.00 mulai lagi belajar , terutama pelajaran hitungan.  

6.  Mengajarkan adalah kunci utama menguatkan ilmu
Apa intinya dari point ini, jangan pelit ilmu.  Mengapa? semakin banyak kamu mengajarkan ilmu maka akan semakin hebat kamu terhadap ilmu itu, selain kamu mudah mengingat kamu juga akan dihadapi dengan permasalahan baru yang akan kamu coba pecahkan.

5.  Membuat ringkasan materi dengan gaya kesukaanmu
Banyak cara untuk membuat ringkasan materi, ada yang hanya corat-coret saja, ada yang memberi warna-warna berbeda disetiap judul atau kata-kata penting.  Silahkan kamu buat ringkasan yang semenarik mungkin, yang ketika kamu membacanya tidak bikin sakit mata hehe.

4.  Mencoba memaksa untuk suka
Pekerjaan yang paling sulit adalah memaksa, apalagi memaksa untuk hal yang tidak disukai, tapi apakah memaksa itu selalu tidak baik? cobalah kita menjadi diri yang berani menghadapi tantangan dan mencoba untuk memaksa diri dengan hal-hal positf, karena jika membuat diri untuk malas belajar, maka yakinlah kinerja otak kita semakin berkurang.  

3.  Jadikan kamarmu bergaya orang rajin belajar
Buat kesan ruangan kamu penuh dengan buku-buku. Misalnya, baru saja kamu melek dari bangun tidur kamu sudah melihat buku disebelah kananmu. seru kan. Silahkan  di coba ya 

2.  Membaca kisah-kisah orang sukses
Motivasi adalah solusi jitu untuk sukses dalam belajar. Dimana kamu dapat? dari orang-orang sukses, disana kamu temukan pengorbanan, kerja keras, kegagalan dan keberhasilan, yang semuanya dapat memberikan semangat kamu untuk bersikap yang benar.

1. Membuat kelompok-kelompok belajar
Buatlah kelompok belajar melalu group whatsapp, bbm , line dll. selain belajar kamu efektif kamu juga dapat sharing permasalahan belajar dan mendapatkan solusi dengan cepat.
Previous
Next Post »

×××